Kamis, 07 Januari 2016

Kellompok 7 - Sosialiasi MEA - (Afrza, Ikvi, & Muafi)



Wawancara dan Sosialisai MEA

Disusun Oleh:
M. Afriza Nadil                     1302045079
Muh. Ikvi Zainal Wafa         1302045082
Muafi                                      1302045130

 
A.    Tentang MEA
Pengertian Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah bentuk integrasi masyarakat ASEAN dimana adanya perdaganan bebas di antara anggota-anggota Negara ASEAN yang telah di sepakati bersama Negara-negara ASEAN, dan Untuk menggubah ASEAN menjadi kawasan yang stabil, makmur dan sangat kompetitif.

Saat ini untuk mewujudkam Masyarakat Ekonomi ASEAN  ini masih harus menghadapi  berbagai tantangan dan rintangan yang terdapat pada masing-masing negara anggota. Beberapa tahapan awal mesti diwujudkan untuk merealisasikan target atau sasaran  bersama Masyarakat Asean tersebut, di antaranya adalah melalui penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (Asean Economic Community). pada tahun 2015. Kesepakatan bersama untuk mengintegrasikan berbagai negara Asean (Indonesia,  Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunai Darussalam, Kamboja, Vietnam, Laos dan  Myanmar) yang masing-masing memiliki latar-belakang sosial-budaya, ideologi politik, ekonomi dan kepentingan berbeda ke dalam suatu komunitas yang disebut Masyarakat Ekonomi Asean ini masih menghadapi sejumlah kendala besar, khususnya bagi Indonesia yang masih dihadapkan dengan berbagai masalah multi dimensi yang sarat kepentingan. Masyarakat Ekonomi Asean dengan sasarannya yang mengintegrasikan ekonomi regional Asia Tenggara menggambarkan karakteristik utama dalam bentuk pasar tunggal dan basis  produksi, kawasan ekonomi yang sangat kompetitif, kawasan pengembangan ekonomi yang merata atau seimbang, dan kawasan yang terintegrasi sepenuhnya menjadi ekonomi global.Sebagai pasar tunggal kawasan terpadu Asean dengan luas sekitar 4,47 juta km persegi yang didiami oleh lebih dari 600 juta jiwa dari 10 negara anggota ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan memacu daya saing ekonomi kawasan Asean yang diindikasikan melalui terjadinya arus bebas (free flow). Pada tahun 2015 dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah di depan mata. Banyak peluang dan tantangan yang akan dihadapi Indonesia menjelang AFTA dan MEA.
Era perdagangan kawasan ASEAN (AFTA) yang bakal berlangsung mulai 2015, menjadi tantangan serius bagi perusahaan dalam mengoptimalisasi sumber daya, kinerja, sistem manajemen, dan teknologi informasi.
Para pemimpin negara-negara ASEAN telah sepakat untuk mentransformasi wilayah ASEAN menjadi kawasan bebas aliran barang, jasa, investasi, permodalan, dan tenaga kerja. MEA menggambarkan adanya perekonomian yang mengglobal di antara negara-negara ASEAN dan MEA dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing ekonomi di kawasan regional ASEAN.
B.     Hasil Wawancara





 Ikvi                                           : Assalamualaikum, maaf bu bisa minta waktunya sebentar?
Pedagang buah (Ibu Nur)         : Wa’alaikumsallam, oh iya silahkan
Ikvi                                            : Saya mau bertanya, kira-kira apa yang ibu ketahui tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Pedagang buah (Ibu Nur)         : Oh maaf saya baru dengar ini, kira-kira apa ya mas?
Ikvi                                           : Jadi, MEA adalah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang merupakan bentuk perkumpulan masyarakat ASEAN dimana adanya perdaganan bebas di antara anggota-anggota Negara ASEAN yang telah di sepakati bersama Negara-negara ASEAN, dan Untuk menggubah ASEAN menjadi kawasan yang stabil, makmur dan sangat kompetitif yang akan dimulai 31 Desember 2015.




Afriza dan Muafi : Pada saat kami melakukan wawancara terhadap pedagang kebab, tanggapan yang  kami peroleh bahwa pedagang kebab ini belum mengetahui tentang MEA dan terkesan tidak mau tau ketika  kita mencoba untuk mensosialisaikan MEA. Hal yang paling mengejutkan adalah pedagang ini baru mengetahui apa itu MEA.

C.    Kesimpulan
Mayoritas masyarakat dan pedagang (UKM) Samarinda masih belum mengetahui apa yang disebut MEA (Masyrakat Ekonomi Asean), padahal pengetahuan tentang MEA itu sangat penting untuk mempersiapkan diri mereka  ketika menghadapi MEA yang dimulai ditahun ini.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar