Kamis, 07 Januari 2016

Nicolaus Cesar S - 1202045072 - Tugas ASEAN Way



Menjelaskan salah satu dari 5 isi ASEAN WAY


NAMA                        : Nicolaus Cesar S
NIM                            : 1202045072





Disini saya akan menjelaskan salah satu dari isi Asean Way yaitu non-interfference

Mengapa dalam organisasi ASEAN untuk melakukan intervensi dalam negara-negara anggota ASEAN yang memiliki konflik internal maupun eksternal karena Dalam menjalin hubungan antarnegara anggota, ASEAN memiliki prinsip sebagaimana yang dimuat pada Piagam ASEAN, antara lain, menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas wilayah, dan identitas nasional seluruh negaraanggota ASEAN; komitmen bersama dan tanggung jawab kolektif dalam meningkatkan perdamaian, keamanan dan kemakmuran di kawasan;serta menolak agresi, ancaman, penggunaan kekuatan,atau tindakan lainnya dalam bentuk apa pun yang bertentangan dengan hukum internasional. Selain itu, ASEAN mengedepankan penyelesaian sengketa secara damai, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara anggota ASEAN, dan menghormati kebebasan yang mendasar, pemajuan dan pelindungan hak asasi manusia, serta pemajuan keadilan sosial.


Contoh yang bisa saya jelaskan ketika adanya konflik internal yang terjadi di Indonesia, seperti konflik GAM ( Gerakan Aceh Merdeka ) , Sampit, dll. Ketika terjadinya konflik tersebut. ASEAN tidak dapat melakukan intervensi untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut, agar tidak menyebarnya konflik tersebut ke negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia,ataupun dengan negara yang menjadi anggota ASEAN. jadi ketika terjadinya konflik ini di Indonesia seperti GAM  maka penyelesaiannya dilakukan melalui mediator yaitu suatu NGO ( Non Government Organization ) yaitu CMI. 


Menurut pandangan saya dengan adanya ASEAN way ini bukan hanya sebagai kumpulan norma dan prinsip, namun harus adanya dibekukan dalam sebuah hukum regional yang memiliki legimitasi unruk mengatur tindakan negara secara tegas.

Contoh hal yang mungkin bisa saya berikan pada zaman sekarang banyak terjadi isu – isu  yang terjadi di negara-negara asia maupun negara laiinya, satu contoh isu yang terjadi yaitu mengenai HAM (Hak asasi Manusia ). Bagaimana jika adanya terjadi isu tersebut dalam negara-negara anggota ASEAN? Mungkinkah dengan terjadinya isu tersebut tetap organisasi ASEAN hanya diam tanpa adanya penyelesaian agar dapat tercapainya perdamaian antar negara-negara ASEAN yang dimana isu ini juga dapat memberikan kredibilitas negara ASEAN di hadapan negara-negara besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar