Kamis, 07 Januari 2016

Notulensi Refleksi Akhir Tahun Mahasiswa Hubungan Internasional UNMUL Angkatan 2012-2015



Nama               : Maria Elisabeth Hasugian
Nim                 : 1302040584
Notulensi Refleksi Akhir Tahun angkatan  2012-2015



            Pertama-tama saya ucapkan terimakasih pada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan kebaikannya maka Notulensi Refleksi Hubungan Internasional ini dapat di tulis dan diposting di Official Blog Hubungan Internasional Reguler B, angkatan 2013.

Acara Dibuka dengan Tarian Adat Dayak

            Refleksi akhir tahun yang di laksanakan pada tanggal 18 Desember 2015 di Rektora lantai 4 berjalan dengan baik dan sangat khidmat. Refleksi di mulai pada pukul 13.00 Wita, di pandu oleh Eka Purnamasari Mahasiswi HI 2013 dan rekanya Mahasiswa HI 2013. Acara pembukaan dimulai dari Tarian Daerah Kalimantan Timur, kemudian di lanjutkan  dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan “ Indonesia Raya”. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa.


            Masuk pada kata sambutan, sambutan yang pertama ialah dari Saudara (nama ketua panitia) Mahasiswi HI 2013 selaku Ketua Panitia. Kemudian sambutan selanjutnya di berikan kepada, Ibu Enny Faturachmi selaku Ketua Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Mulawarman. Sambutan berikutnya di berikan kepada Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ yang mewakili.

Pemberian Hadiah Kepada Mahasiswa Berprestasi

            Setelah kata Sambutan, acara di lanjutkan pada pemutaran Video dan Gambar kegiatan Mahasiswa HI angkatan 2012-2015. Salah satu kegiatan yang di lakukan oleh Mahasiswa HI terkhusus angkatan 2013 yang di bombing oleh Bapak Sonny Sudiar, ialah Debat Mahasiswa HI angkatan 2015. Debat ini membahas tentang 3 paradigma besar yang cukup mempengaruhi Perkembangan HI. Oleh karena itu, panitia Refleksi HI 2015 memberikan penghargaan bagi Kawan-kawan HI Angkatan 2015 sebagai apresiasi mengikuti Debat tersebut. Penyerahan tropi dan cendramata yang di berikan langsung oleh Dosen-Dosen/Staff pengajar Program Studi HI.



            Beberapa pesan yang disampaikan dari Pak andi Berfikir ke luar, dan agara para mahasiswa HI minimal sudah punya passport, dan disinggung juga mengenai Samarinda Convention Centre yang diharapkan akan membawa kemajuan Ekonomi bagi Kota Samarinda.


Berikutnya disampaikan oleh Pak Sony yang berpesan jangan sampai “terpenjara” dengan status internasional harus kenal juga daerah daerah indonesia khususnya pedalaman yang sering kali tidak diketahui oleh para mahasiswa Hubungan Internasional. Terutama pedalaman disekitar perbatasan Kaltim dan Malaysia yang sebenarnya penting untuk dikaji.

Pembukaan MEA

Yang menarik juga adalah terjadi dua komitmen besar disini dari Ibu Eni Faturahcmi tentang S2 di Hi unmul pada 2019 dan Pertemuan Mahasiswa HI tingkat nasional yang akan diketuai oleh pak Sony pada tahun 2017 yang awalnya berasal dari pertanyaan kritis dari Mahasiswa. Setelahnya dilanjutkan juga Oleh Bu Friska yang memberi pesan agar semua mahasiswa harus berani jangan lagi malu malu terutama untuk beribicara dalam mengemukakan pendapat. Berikutnya  dilanjutkan oleh Bang Karlos selaku alumni yang  juga membagi pengalaman  tentang perjalanan tentang perkembangan HI UNMUL dari tahun 2003 silam.











Acara kemudian ditutup dengan Selebrasi ASEAN Community dengan beberapa model kepala negara berpakaian khas masing-masing negara ASEAN dan Iringan Lagu ASEAN. Ada suasana haru yang menghampiri dalam penutupan acara ini, Semoga Kedepannya HI UNMUL menjadi semaki maju dan lebih baik dalam menyongsong tahun 2016 dan ASEAN Community.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar